Jumat, 15 April 2011

PERKEMBANGAN ALAT HITUNG

PERKEMBANGAN ALAT HITUNG
Sejarah Perkembangan Komputer hingga saat ini erat kaitannya dengan kemampuan dan kemajuan manusia yang selalu menggunakan  akal pikiran dan logika dalam kehidupannya sejak jaman pra sejarah. Manusia adalah mahluk homo sapiens yang sempurna penciptaannya walaupun saat ini banyak penemuan teknologi antariksa menyatakan manusia bukanlah mahluk cerdas satu-satunya di galaksi ini.
Pengolahan data telah dilakukan manusia sejak jaman dahulu, berpikir untuk menemukan peralatan-peralatan yang dapat mengolah data lebih cepat. Misalnya: anda salah satu dari ribuan juataan manusia yang memakai kalkulator  saku. Alat ini dapat melakukan perhitungan matematika, menghitung laba dsb. Namun itu terasa belum cukup dan manusia berusaha menemukan peralatan yang lebih canggih. Komputer  adalah jawabannya.. Komputer  telah dipakai disemua bidang kehidupan manusia. Ada baiknya kita mengetahui sejarah perkembangan dari komputer hingga saat ini….
Alat Komputer sebagai pengolah data mulai dari sederhana hingga sekarang dapat digolongkan dalam 4 (empat) golongan, yaitu:
Alat manual (manual device), mempergunakan alat-alat sederhana, tangan masih memegang peranan penting.
Alat mekanik (mechanical device), yaitu alat mekanik yang digerakkan secara manual dengan tangan.
Alat  mekanik elektronik (electro-mechanical device), yaitu alat mekanik yang digerakkan dengan motor  elektronik.
Alat elektronik, yaitu alat yang bekerja secara elektronik.
 
Adalah alat  sebagai pengolah data sudah digunakan oleh manusia jaman purba/primitif.
300.000 SM.   Tulang
Manusia purba sudah menggunakan tulang-tulang untuk mengingat dan berkomunikasi, seperti misalnya menghitung umur, mengukur jarak, dan sebagainya.
1900 S.M   Batu Terstruktur  (Stohenge)
1200S.M  TaliBersimpul(Quipus)
Ditemukan oleh nenek moyang bangsa Peru.
1150.S.MKertas
Digunakan pertama kali oleh bangsa Moors di Spanyol untuk mencatat.
1614.  Napier`s Bones
John Napiers
1621. Oughtreds Slide Rule
Ahli Matematika Inggris William Oughteds (1575-1660) membuat  alat yang dinamakan Oughtreds Slide Rule, dengan cara menggeser Mistar pada posisi tertentu.
 
PERKEMBANGAN ALAT MEKANIK
Sejarah perkembangan perangkat keras Komputer berawal dari Penggunakan alat mekanik memakai tangan mulai digunakan pada tahun 1623.
1642. Mesin Penghitung Otomatis yang Pertama
Blaise Pascal
(1623-1662) ahli Matematika dan Filsafat dari Prancis menciptakan pertama kali alat perhitungan dengan mesin secara mekanik. Alat tersebut  diberi nama Pascals Machine Arithmetique yang dikenal juga dengan nama The Pascaline.
1666. Mesin Pengali yang Pertama
Sir Samuel Morl
and (1625-1695)., menemukan mesin  yang  bisa melakukan perkalian (X) , penambahan (+), Pengurangan (-) dan pembagian (: ) yang pertama tapi tidak otomatis seperti The Pascaline.
1673. Leibnitz`s Calculating Machine
Gottfried Wilhem Von Leibnitz
1777. Mesin Logika yang Pertama
Charles Mahon
 
 
 
1804. Mesin Kartu yang pertama,
Joseph Marie Jacquard (1752-1834).
Charles Thomas De Colmar
1822.    Babbage`s Difference Engine
Charles  Babbages
(1791-1871) Ahli matematika dari Cambridge University Inggris diilhami dari Charles Mahon Logic Machine, menciptakan alat yang disebut dengan Babbage`s Difference  Engine , mesin ini belum sempat diselesaikan.
1850. Mesin Penghitung dengan Keyboard yang Pertama
D.D. Parmalee 
1854. Aljabar Boolean yang Pertama
George S. Boole (1815-1864).
1868. The Adder
Webb
1869. Mesin Logika aljabar Boolean yang Pertama
Willian Jevons (1835-1882)
1872. The Baldwin
Frank S. Baldwin
 
 
 
1874. Odhner`s Adding Machine (mesin hitung)
W. T. Odhner
1879. Mesin Pencatat Kas yang Pertama
James Ritty
1884. Mesin Penghitung dengan Alat Cetak yang Pertama.
William  S. Burrough (1857-1898)
1885.  Macaroni Box
Dorr Eugene Felt
1887. The First Comptometer
Kesuksesan dari Macaroni Box membuar Dorr Eugene Felt mengembangkan mesinnya lagi diberi nama The First Comptometer, dua tahun kemudian ditambahkan alat pencetak pada mesin tersebut.
1893. Mesin Penghitung Scientific yang Pertama
Otto Steiger (1858-1922)
1911.  Monroe Calculator
Jay Monroe

http://www.yahoo.com
http://www.wordpress.com
http://www.wikipedia.com
Sumber : http://www.google.com
dan Frank S. Baldwin mengembangkan  mesin hitung dengan nama Monroe Calculator yang bayak digunakan sebagai alat hitung pekerjaan bisnis pada saat itu.
dari Zurich Jerman mengembangkan alat mesin hitung saintifik  diberi nama Millionaire yang pertama dan sukses dipasaran. Antara tahun 1894 sampai dengan 1935 sejumlah 4655 buah mesin tersebut terjual
dari Amerika membuat mesin hitung yang terkenal dengan nama Macaroni Box karena dibuat dari kayu macaroni.
dari Amerika, seorang pegawai Bank membuat mesin hitung yang dilengkapi alat cetak. Mesin ini diberi nama Burrough Adding And Listing Machine di patenkan pada 1888 dipasarkan pada 1891.
dari Ohio membuat Cash Register dan sukses dipasarkan  pada tahun 1884 oleh John H. Patterson dengan perusahannya National Cash Register Company.
dari Swedia membuat mesin hitung yang prinsip cara kerjanya sama dengan yang dibuat Frank S. Baldwin. Mesin ini banyak digunakan sampai ditemukannya komputer hingga sekitar tahun 1960-an.
mulai memproduksi mesin hitung di Amerika Serikat.
melihat bahwa logika aljabar Boolean merupakan penemuan yang besar , dia menciptakan mesin  yang bisa memecahkan masalah-masalah rumit dengan prinsip aljabar boolean.
dari Amerika Serikat menciptakan mesin dengan nama The Adder, yang berukuran saku tetapi hanya bisa melakukan perhitungan penambahan saja.
Ahli logika dari Inggris dalam bukunya The Law of Thought yang dipublikasikan tahun 1854, menyatakan logika di dalam simbol-simbol matematika yang didasarkan pada 3 (tiga) operasi Logika AND, OR, NOT. Teorinya sekarang mendasari cara kerja sircuit komputer.
dari Amerika membuat mesin hitung yang menggunakan Keyboard.
(1785-1870). Membuat mesin hitung komersil  disebut De Colmar Arithnomoter yang pertama dipakai secara komersial dan sukses dan memenangkan medali International Exhibition di London tahun 1862.
1820.  Mesin Penghitung Komersil Sukses yang Pertama
(1753-1816), menciptakan suatu mesin berukuran saku yang disebut dengan nama Logic Demonstrator. Mesin ini dapat memecahkan problema numerik bentk logika dan juga masalah-masalah probabilitas, alat ini dianggap sebagai dasar komputer yang mempunyai kemampuan logika serta dapat mengambil keputusan.
(1646-1716), Seorang  ahli matematika  dan filsafat Jerman mengembangkan mesin yang dibuat oleh Pascal.
Ahli Matematika Jerman  menciptakan alat dari tulang untuk  perhitungan perkalian. Dia adalah penemu perhitungan Logarithma.
ALAT MANUAL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar