Rabu, 06 April 2011

Cara Menginstall J2ME

CARA MENGINSTAL J2ME

Untuk menginstal J2ME yang harus diperhatikan adalah menginstal J2SE terlebih dahulu. Setelah itu aplikasi yang digunakan untuk membuat dan mengkompilasi program - program J2ME adalah Wireless Toolkit(WTK). Disini saya mengambil contoh kasus dengan menggunakan WTK versi 2.5.2 for CLDC for Windows. File yang harus dijalankan adalah "sun_java_wireless_toolkit-2_5_2-windows.exe".

Kemudian, akan ditampilkan form persetujuan atas persyaratan yang ditentukan oleh vendor software. Setiap software yang masuk kategori freeware didistribusikan dengan sejumlah persyaratan yang harus ditaati oleh pengguna, misalnya software tersebut bersifat gratis selama penggunaannya tidak bersifat komersial. Jika ketentuan dilanggar, si pengguna akan menerima sankski tertentu. Setelah muncul kotak dialog license agreement klik button "Accept", untuk melanjutkan proses instalasi.
Secara otomatis sistem WTK akan mendeteksi keberadaan J2SE. Jika ditemukan, WTK akan menampilkan folder J2SE. Button "Browse..." digunakan untuk menentukan lokasi J2SE secara manual. Ini terjadi jika sistem WTK gagal menemukan lokasi J2SE. Ini juga bisa terjadi jika sistem WTK menemukan bahwa terdapat lebih dari satu J2SE di dalam komputer kita. Bisa jadi kita telah melakukan instalasi Java terbaru tanpa membuang terlebih dahulu Java versi lama. Kemungkinan lain adalah kita telah memasang Java dari beberapa vendor berbeda, misalnya Sun Microsystems dan Microsoft.

Klik button "Next>" untuk melanjutkan proses instalasi.
Pada tahap ini kita harus menentukan lokasi dimana kita akan meletakan sistem WTK. Secara default WTK akan memberi nama folder sesuai dengan versi WTK dan langsung berada di root-directory yang sama dengan lokasi sistem operasi.

Button "Browse..." digunakan untuk mengganti nama dan lokasi dimana kita akan meletakkan sistem WTK. Sebuah form pilih directory akan ditampilkan.
Lokasi sistem WTK bisa dimana saja dan namanya bisa apa saja, namun disarankan untuk menggunakan nama yang tidak mengandung spasi dimulai dari root directory. Pertimbangan sederhana, untuk menghindari persoalan yang mungkin timbul dari kehadiran karakter spasi pada saat kompilasi maupun pada saat running.

Pada lokasi Path ketikkan "C:\J2ME" lalu klik button "OK".
Klik button "Next>" untuk melanjutkan proses instalasi.
Setelah itu adalah memberi nama group kepada sistem WTK yang akan diinstal. Abaikan saja, klik button "Next>" untuk melanjutkan proses instalasi.

Lalu kita diminta untuk memutuskan apakah WTK akan mendeteksi versi baru atau tidak. Jika kita ingin proses instalasi berlangsung cepat tanpa direpotkan dengan aktifitas pengecekan versi baru, maka sebaiknya tanda "ceklist" dihilangkan saja.


Selanjutnya klik button "Next>" untuk melanjutkan proses instalasi.
Lalu muncul form yang memberikan informasi berupa rangkuman data yang telah kita berikan. Klik button "Next>" untuk melanjutkan proses instalasi.
Lalu muncul lagi form yang memperlihatkan progress berlangsungnya proses instalasi. Tunggulah sampai proses instalasi selesai. Selanjutnya komputer akan menampilkan form yang menyatakan bahwa proses instalasi WTK telah selesai.
Sebuah icon WTK akan muncul di atas desktop dan kita juga bisa mengaksesnya melalui panel "START".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar