Jumat, 15 April 2011

GENERASI KOMPUTER DENGAN TEKNOLOGI YANG BERUBAH

GENERASI KOMPUTER DENGAN TEKNOLOGI YANG BERUBAH
Generasi Pertama (1951-1958)
John W. Mauchly dan J. Presper Eckert
(1951) Generasi pertama dari komputer dimulai dengan UNIVAC I (Universal Automatic Computer) yang dibangun oleh Mauchly dan Eckert. Hal itu dijual ke Biro Sensus Amerika Serikat. Mesin ini didedikasikan untuk pengolahan data dan keperluan bisnis bukan militer atau ilmiah.
Karakteristik Komputer Generasi Pertama
Penggunaan tabung vakum dalam sirkuit elektronik. tabung ini dikendalikan operasi internal dan besar. Sebagai akibatnya mesin besar-besar.
Magnetic drum
sebagai dasar penyimpanan internal menengah: Electric arus melewati kabel yang magnet inti untuk mewakili dan menonaktifkan negara
Terbatas utama-kapasitas penyimpanan:
Lambat input / output,
Rendah simbolik-bahasa pemrograman tingkat:
Panas dan pemeliharaan masalah:
Aplikasi:
 
 
Contoh: IBM 650 UNIVAC I
Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Karakteristik Komputer Generasi Kedua
Penggunaan transitors
inti magnetik
-Peningkatan kapasitas penyimpanan utama:
Cepat input / output;
bahasa pemrograman tingkat-tinggi
Peningkatan kecepatan dan kehandalan:
Berorientasi aplikasi Batch:
Contoh: IBM 1401 * (komputer berorientasi bisnis paling populer Honeywell 200 CDC 1604.
Komputer Generasi Ketiga (1965-1970)
Karakteristik Komputer Generasi Ketiga:
Penggunaan sirkuit terpadu:
inti magnetik dan-negara utama penyimpanan solid:
Lebih fleksibilitas dengan input / output; disk: Kemajuan teknologi solid-state diperbolehkan untuk desain dan bangunan dan cepat komputer yang lebih kecil. Breadboards mudah bisa diganti dengan cepat.
ukuran yang lebih kecil dan kinerja yang lebih baik dan kehandalan:
Luas penggunaan bahasa pemrograman tingkat-tinggi: Industri perangkat lunak berkembang selama ini. Banyak pengguna menemukan bahwa itu lebih hemat biaya untuk membeli paket sudah diprogram daripada menulis program sendiri. Program dari generasi kedua harus ditulis ulang karena banyak program didasarkan pada arsitektur generasi kedua.
Munculnya minicomputer:
Remote pengolahan
Ketersediaan operasi-sistem (software) untuk mengontrol I / O dan melakukan tugas-tugas ditangani oleh operator manusia: Perangkat Lunak dikembangkan untuk mengurus tugas-tugas rutin yang dibutuhkan dari komputer dibebaskan operator manusia.
Aplikasi
Contoh: IBM System/360 NCR 395 Burroughs B6500
Generasi Keempat (1970 -)
Karakteristik Komputer Generasi Keempat:
Penggunaan sirkuit terpadu skala besar dan kecepatan.
Peningkatan kapasitas penyimpanan
Desain modular
Khusus program aplikasi
Fleksibilitas
Peningkatan penggunaan minicomputer
Pengenalan mikroprosesor dan mikrokomputer pemodelan matematika dan simulasi, transfer dana elektronik, instruksi dibantu-komputer dan komputer rumah. Ledakan internet. Control Data Corporation: STAR 100 komputer yang memiliki desain berbasis vektor. Informasi diproses sebagai vektor bukan angka. Hal ini memungkinkan untuk kecepatan lebih cepat saat masalah diproses dalam bentuk vektor berkembang. Charles A. Burrus LED) light-emitting diode (. RCA mengembangkan (MOS) teknologi, semikonduktor metal-oksida untuk pembuatan sirkuit terpadu, membuat mereka lebih murah dan lebih cepat untuk menghasilkan. Sirkuit juga bisa dibuat lebih kecil. Texas Instruments mengenalkan kalkulator saku pertama Pocketronic. Ini dapat menambah mengurangi, mengalikan dan membagi. Biayanya sekitar $ 150. Odyssey dikembangkan oleh Magnavox (permainan video pertama). Intel mengembangkan chip 8-bit mikroprosesor pertama 8008. (Digunakan dalam komputer-8 mini Mark-pribadi). Nolan Bushnell menciptakan sebuah permainan video dengan layar kristal cair. mainan ini disebut Pong. Bushnell mendirikan Atari. Menggunakan LSI (integrasi skala besar) sepuluh ribu komponen yang ditempatkan pada sebuah chip 1 inci persegi. Hewlett Packard memperkenalkan kalkulator saku diprogram. David Ahl mengembangkan mikro yang terdiri dari tampilan video, keyboard dan unit pengolahan pusat. D-RAM (akses random dinamis menjadi tersedia secara komersial dan akan digunakan di komputer pribadi pertama.
Aplikasi:

http://www.yahoo.com
http://www.wordpress.com
http://www.wikipedia.com
 input / output
 dan kompatibilitas antara peralatan
 seperti sistem reservasi penerbangan, prakiraan pasar, kredit penagihan kartu: Aplikasi juga termasuk persediaan, pengendalian, dan penjadwalan tenaga kerja dan bahan. Multitasking juga dicapai. Kedua aplikasi ilmiah dan bisnis dapat dijalankan pada komputer yang sama.
 dan time-sharing melalui komunikasi: Komputer kemudian dapat melakukan beberapa operasi pada waktu yang sama. Remote terminal dikembangkan untuk berkomunikasi dengan komputer pusat melalui lokasi geografis tertentu. lingkungan berbagi Waktu didirikan.
 Komputer mini yang ditawarkan banyak fitur yang sama dengan komputer mainframe hanya pada skala yang lebih kecil. Mesin ini memenuhi kebutuhan pemilik usaha kecil.
 lebih besar kapasitas penyimpanan dikembangkan.
 Penggunaan sirkuit terpadu (IC) menggantikan transitors dari mesin generasi kedua. Rangkaian yang tergores dan dicetak dan ratusan komponen elektronik dapat diletakkan pada sirkuit chip silikon kurang dari seperdelapan dari satu inci persegi.
 penagihan, proses penggajian, memperbarui dan file persediaan: pengolahan Batch diperbolehkan untuk pengumpulan data selama periode waktu dan kemudian satu diproses dalam satu menjalankan komputer. Hasilnya kemudian disimpan pada pita magnetik.
 Modular-hardware ini dikembangkan melalui desain sirkuit elektronik. modul lengkap disebut "breadboards" dapat diganti jika terjadi kerusakan, atau mesin "jatuh". Penurunan ini kehilangan waktu dan juga modul baru dapat ditambahkan untuk fitur tambahan seperti file-processing, editing, dan input / output fitur.
 (COBOL, FORTRAN): ini mirip bahasa Inggris. FORTRAN (Formula Translator) adalah bahasa tingkat tinggi pertama yang diterima secara luas. Bahasa ini digunakan terutama untuk aplikasi ilmiah. COBOL (Common Business-Oriented Language) dikembangkan pada tahun 1961 untuk pengolahan data bisnis. Fitur utamanya meliputi: file-processing, editing, dan input / output capabilites.
 orientasi pita: Perangkat dapat dihubungkan langsung ke komputer dan dianggap "on-line". Hal ini memungkinkan untuk mencetak lebih cepat dan deteksi dan koreksi kesalahan.
 atau penyimpanan internal utama dilengkapi dengan menggunakan kaset magnetik untuk penyimpanan eksternal.Kaset ini menggantikan kartu menekan atau kertas. Magnetic disk juga dikembangkan yang tersimpan informasi tentang trek melingkar yang tampak seperti piringan hitam. Disk menyediakan akses langsung atau acak catatan dalam sebuah file.
 sebagai media internal-penyimpanan utama: arus listrik melalui kabel yang magnetik inti untuk mewakili dan mematikan states.Data dalam inti dapat ditemukan dan diambil untuk diproses dalam beberapa sepersejuta detik.
 untuk operasi internal: kecil transitors solid state menggantikan tabung vakum di komputer. Masalah panas kemudian diminimalkan dan komputer dapat dibuat lebih kecil dan lebih cepat.
 pengolahan penggajian dan pencatatan meskipun masih berorientasi pada aplikasi ilmiah pengolahan data bisnis thatn.
 penyejuk Khusus-udara dan pemeliharaan yang diperlukan dari mesin. Tabung memberi dari jumlah yang luar biasa panas.
 Komputer menggunakan bahasa mesin yang praktis dan dicapai melalui string angka yang panjang terdiri dari Nol dan Ones. Pada tahun 1952, Dr Grace Hopper (University of Pennsylvania) mengembangkan bahasa simbolik yang disebut mnemonik (instruksi tertulis dengan kode simbolik). Daripada menulis instruksi dengan Nol dan Ones, para mnemonik telah diterjemahkan ke dalam kode biner. Dr Hopper mengembangkan set pertama program atau instruksi untuk memberitahu komputer bagaimana menerjemahkan mnemonik.
 menekan-kartu yang berorientasi: Operator melakukan operasi input dan output melalui penggunaan kartu punched.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar