Jumat, 15 April 2011

Macam-macam JDK

Memprogram dengan bahasa pemrograman Java memerlukan bebe-rapa perangkat bantu (tool). Perangkat bantu ini digunakan untuk menulis kode sumber, menguji, dan mendebug program yang dibuat. Java Developer’s Kit (JDK) adalah kumpulan tool yang dapat diunduh (didownload) secara gratis dari situs Sun Mycrosistem. Setidaknya ada 7 program bantu (tool) yang tersedia pada Java Developer’s Kit (JDK), seperti yang dijelaskan dalam tabel berikut ini :


Nama Program Bantu
Penjelasan
javac
Kompilator Java untuk mengubah file sumber ke dalam file yang dapat dieksekusi. File ini disebut  file  byte  code  dan  memiliki  ekstensi
 .class.
java
Intepreter Java untuk mengeksekusi file kelas (.class) atau file byte code.
jdb
Debugger Java, yang bekerja seperti intepreter mengeksekusi kelas Java dan juga memiliki ke-mampuan untuk menghentikan eksekusi pro-gram pada titik-titik henti terpilih dan untuk menampilkan nilai-nilai variabel kelas. Kemam-puan ini penting untuk mencari kesalahan program.
javap
Disassembler Java, menerima file byte code dan menampilkan kelas, variabel dan metode yang telah dikompilasi menjadi byte code. Program bantu ini juga mengidentifikasi instruk-si yang digunakan untuk mengimplementasi-kan tiap-tiap metode. Anda dapat mengguna-kan program bantu ini untuk mendapatkan kode sumber dari kelas Java yang sudah terkom-pilasi.
appletviewer
Appletviewer adalah alat bantu (tool) untuk menampilkan applet Java yang berada di dalam web pada sistem lokal maupun pada situs web yang dapat diakses. Program bantu (tool) ini dapat digunakan untuk menguji applet yang anda buat.
javadoc
Program bantu dokumentasi otomatis yang digunakan untuk mengkonversi kode sumber Java ke dalam file Hypertext Markup Language (HTML).
javah
Program bantu file header C, digunakan untuk membangkitkan header bahasa C. File yang dibangunkan dipakai untuk mengembangkan kelas Java yang dibuat dari bahasa selain Java (bahasa C).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar