Jumat, 15 April 2011

Konsep pemograman pada Java

Untuk dapat menguasai bahasa pemrograman Java, harus mengerti dengan baik konsep pemrograman berorientasi objek, karena Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek. Disini akan dibahas konsep-konsep penting dalam pemrograman berorientasi objek, sehingga diharapkan akan lebih mudah adalam mempelajari bahasa pemrograman Java.

OBJEK

Pada dasarnya semua benda yang ada di dunia nyata dapat dianggap sebagai sebuah objek. Sebenarnya ada dua ciri utama pada sebuah objek, yaitu :
¨      Setap objek memiliki atribut sebagai status yang kemudian akan disebut sebagai state.
¨      Setiap objek memiliki tingkah laku yang kemudian akan disebut sebagai behaviour.

Misalkan objek MOBIL
¨      Mobil memiliki atribut (state) : Roda, Pintu, Jenis dan Warna.
¨      Mobil memiliki kebiasaan (behaviour) : kecepatan dapat menaik atau menurun, perpindahan perseneleng.
Dalam pengembangan perangkat lunak berorientasi objek, perangkat lunak tersebut akan menyimpan state dari objek dalam variabel-variabel dan akan menyimpan behaviour dari objek dalam methode-methode atau fungsi-fungsi atau prosedur.

CLASS

Class berbeda dengan objek. Class merupakan prototipe yang mende-finisikan variabel-variabel dan methode-methode secara umum. Sedang kan objek pada sisi lain merupakan instansi dari suatu kelas.

ENKAPSULASI

Dalam sebuah objek yang mengandung variabel-variabel dan methode-methode, dapat ditentukan hak akses pada sebuah variabel atau methode dari objek. Pembungkusan variabel dan methode dalam sebuah objek yang terlindungi inilah yang disebut dengan enkapsulasi. Jadi enkapsulasi dapat diartikan bungkus (wrapper) pelindung program dan data yang sedang diolah, agar tidak diakses oleh sembarangan program lain. Manfaat dari proses enkapsulasi adalah :

¨      Modularitas
Kode sumber dari sebuah objek dapat dikelola secara independen dari kode sumber objek yang lain.

¨      Information Hiding
Dapat menentukan hak akses sebuah variabel/ methode dari suatu objek, dengan demikian dapat menyembunyikan informasi yang tidak perlu diketahui oleh objek lain.

INHERITANCE

Class dapat didefinisikan dengan referensi pada class yang lain yang telah terdefinisi. Inheritance merupakan pewarisan veriabel dan metho-de pada sebuah class yang diperoleh dari class yang telah terdefinisi sebelumnya. Sebuah subclass akan mewarisi state (variabel-variable) dan behaviour (methode-methode) dari superclass-nya. Subclass kemudian dapat menambahkan state dan behaviour baru yang spesifik dan dapat pula dimodifikasi (override) state dan behaviour yang diturunkan oleh superclass-nya. Keuntungan dari inheritance adalah :

¨      Subclass menyediakan state/ behaviour yang spesifik yang mem-bedakannya dengan superclass, hal ini akan memungkinkan programmer Jave untuk menggunakan ulang souce code dari superclass yang telah ada.

¨      Programmer Java dapat mendefinisikan superclass khusus yang bersifat generik, yang disebut abstract class, untuk mendefinisi-kan class dengan state dan behaviour secara umum.

Istilah dalam inheritance yang perlu diperhatikan :
¨      Extends, keyword ini harus ditambahkan pada definisi class yang menjadi subclass.

¨      Superclass, digunakan untuk menunjukkan hirarki class yang ber-arti class dasar dari subclass.

¨      Subclass, adalah class anak atau turunan secara hirarki dari superclass.

POLIMORFISME

Kata polimorfisme berarti satu objek dengan banyak bentuk yang ber-beda, merupakan konsep sederhana dalam bahasa pemrograman ber-orientasi objek yang berarti kemampuan dari suatu variabel referensi objek memiliki aksi berbeda bila methode yang sama dipanggil, dimana aksi methode tergantung dari tipe objeknya. Kondisi yang harus dipe-nuhi supaya polimorfisme dapat diimplementasikan adalah :

¨      Methode yang dipanggil harus melalui variabel dari basis class atau superclass.

¨      Methode yang dipanggil juga harus menjadi methode dari basis class.

¨      Signature methode harus sama baik pada superclass maupun pada subclass.

¨      Methode access attribute pada subclass tidak boleh lebih terbatas dari basis class.

INTERFACE

Pada bahasa pemrograman Java juga dikenal konsep interface, yang merupakan alat yang digunakan untuk komunikasi antar objek berbeda yang tidak memiliki hubungan apapun. Interface bisa dikatakan seba-gai protokol komunikasi antar objek tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar